Tuesday, March 17, 2015

MELAMAR PEKERJAAN SECARA ONLINE, ADA ETIKANYA

Standard

NAMA    : ANGGY YANUAR ADIANSYAH
NPM       : 10112923
KELAS   : 3KA17
TUGAS   : MEMBUAT KARANGAN


      Pada era serba digital dan berbasis internet pada saat ini, mencari sebuah pekerjaan bukan hanya melalui media cetak tetapi juga secara online. Melamar kerja online dapat dilakukan dengan dua cara, cara pertama melalui alamat email resmi perusahaan. Yaitu dengan mengirim CV (Curriculum Vitae) melalui email tersebut, yang kedua yaitu melalui portal job yang saat ini telah banyak tersedia dimana anda tinggal melamar pekerjaan yang tersedia. Ada beberapa etika penulisan yang yang perlu diperhatikan pada saat melamar kerja secara online, yaitu: data tentang diri anda, surat lamaran, dan dokumen penunjang lainnya. Selain etika penulisan, ada pula etika dalam melamar kerja secara online.
    1. Identitas Diri
Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah membuat identitas tentang siapa diri anda. Tujuannya agar perusahaan dapat mengetahui, mengenal diri anda baik atau tidak dan dapat menilai apakah anda merupakan kandidat yang cocok bagi perusaan mereka. Berbeda dengan pengiriman via pos, tada-data mengenai diri anda berbentuk file digital (softcopoy), sehingga harus anda scan terlebih dahulu agar bias dikirimkan via email.
Identitas diri yang anda persiapkan dan anda scan, antara lain:
   a. Foto diri anda berpenampilan resmi, biasanya berukuran 3x4, atau 2x3, atau 4x6. Biasanya berupa foto close-up, dari dada sampai kepala.
      b. Kartu tanda penduduk
      c. Ijasah kelulusan pendidikan terakhir anda
      d. Transkip nilai dari pendidikan terakhir anda.
      e. Kartu keluarga
      f. Sertifikat pendidikan nonformal
      g. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
Tidak semua hal di atas diperlukan untuk melamar sebuah pekerjaan via online, tergantung dengan masing-masing perusahaannya.
    2. Surat Lamaran
Untuk surat lamaran pekerjaan, bisa anda buat menggunakan aplikasi Microsoft Word. Perlu anda perhatikan pemilihan kata yang tepat dalam surat lamaran yang anda buat. Tidak bertele-tele, tidak perlu berlebihan. Perlu anda perhatikan tampilan, berupa ukuran kertas, warna, ukuran tulisan. Tampilan surat lamaran bias anda sesuaikan dengan perusahaan yang anda lamar. Saya akan memberikan contoh screanshoot surat lamaran saya, pada saat meamar sebagai asisten LabSI.
    3. CV (Curriculum Vitae)
CV (Curriculum Vitae) merupakan sebuah daftar riwayat hidup anda, CV bias dianggap sebagai cerminan diri anda, mengenai karakter, pengalaman diri, sifat, serta tujuan anda atau ambisi anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Di bawah ini merupakan CV saya pada saat mendaftar sebagai asisten LabSI.

     Setelah anda sudah membuat semua yang saya sebutkan di atas, satukan semua file tersebut pada satu folder. Sebelum anda mengirimkan email ke perusahaan yang anda tuju, anda harus memahami bagaimana etika dalam melamar kerja secara online terlebih dahulu. Hal yang perlu diperhatikan adalah: 
  1. Bila Anda sudah melamar ke perusahaan yang sudah anda lamar via online, jangan anda melamar untuk posisi yang sama.
    2. Melamar pekerjaan sesuai kemampuan Anda.
  3. Bila Anda mendapatkan panggilan untuk wawancara, saya menyarankan agar Anda menghadirinya. Bila Anda ditanya dalam wawancara tersebut, bersikap santai jangan terlihat gugup. Jawablah pertanyan tersebut dengan tegas. 
    4. Anda harus bertanggung jawab, atas semua data-data diri anda yang sudah anda kirim ke erusahaan tersebut.

     Sekian tulisan yang saya buat, semoga dapat menambah wawasan anda dalam etika melamar pekerjaan secara online. Bila ada penulisan yang salah, tolong dimaafkan. Karena manusia tidak luput dari sebuah kesalahan.

2 comments:

  1. artikelnya sangat bermanfaat
    bagi pembaca yang berdomisili di Jateng atau DIY dan sedang mencari kerja bisa mengunjungi situs kami

    lokerjatengdiy.com

    terima kasih :)

    ReplyDelete