Sunday, November 25, 2012

PENGARUH PENDUDUK DAN KEBUDAYAAN TERHADAP ILMU SOSIAL

Standard

1. Pengaruh Penduduk Terhadap Ilmu Sosial
      Pertumbuhan penduduk yang signifikan akan berdampak pada perubahan sosial kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya. Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial di masyarakat.

A. Meningkatnya kebutuhan sandang, pangan,dan papan

      Setiap individu dari manusia pasti membutuhkan sandang atau pakaian untuk menutup tubuh serta mempercantik diri, pangan hal pokok yang juga merupakan kebutuhan kita sehari hari serta papan dimana tempat kita untuk bernaung , tiga unsur utama inilah yang saling berhubungan yang tidak dapat kita pungkiri keberadaanya sangat kita butuhkan meningkatnya kebutuhan ini seiring pertumbuhan penduduk

 B. Berkurangnya lahan tempat tinggal

      Untuk memenuhi kebutuhan papan yakni rumah tentu kita memerlukan lahan untuk membangun. Semakin bertambah banyak penduduk, tentu kebutuhan akan rumah semakin banyak dan otomatis lahan yang dibutuhkan semakin banyak. Sementara lahan yang tersedia luasnya tetap. Yang akan terjadi adalah padatnya pemukiman dan sedikit sekali lahan-lahan kosong yang tersisa karena semakin sedikitnya lahan yang kosong, akan membuat harga tanah semakin melonjak, dan tentu saja masyarakat ekonomi menengah ke bawah tidak mampu membeli tanah untuk membangun rumah.

C. Meningkatnya investor yang datang

      Dengan banyaknya jumlah penduduk akan berakibat menjamurnya pusat perbelanjaan. Seorang pengusaha tentu akan membangun usahanya ditempat yang strategis, tempat yang ramai, dan tempat yang menurutnya banyak terdapat konsumen. Kawasan padat penduduklah yang akan menjadi incaran para investor atau pengusaha.

D. Meningkatnya angka pengangguran

      Semakin bertambahnya jumlah penduduk tentu akan meningkatkan jumlah tenaga kerja yang tersedia. Namun bagaimana jika lapangan pekerjaan yang tersedia tidak cukup menampung jumlah tenaga kerja yang ada? Tentu hal ini akan berdampak pada meningkatnya angka pengangguran.

Ledakan penduduk adalah masalah yang harus segera ditangani dengan serius oleh pihak-pihak yang terkait karena apabila permasalahan ini terus berlanjut akan mengakibatkan dampak-dampak yang telah dijelaskan. Adapun solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan ledakan penduduk yaitu:

a. Melakukan program transmigrasi
b. Menggalakkan program keluarga berencana
c. Mengoptimalkan lahan dengan menggunakan teknologi.
d. Pemerataan pembangunan

2. Pengaruh Kebudayaan Terhadap Ilmu Sosial
      Kebudayaan adalah sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

      Semenjak masuknya budaya barat ke Indonesia, kebudayaan Barat sudah mulai mendominanisasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada Barat. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi. Kebudayan Barat hanya sebagai petaka buruk bagi kita. kebudayaan yang selalu berperadaban mulia, sedikit demi sedikit mulai mengikuti kebudayaan Barat.

     Maka dengan gencarnya, para pemuka-pemuka kebudayaan memperkenalkan peradaban masing-masing negara. Terlebih lagi negara barat yang selalu mempublikkan kebudayaan mereka.
Cara untuk antisipasi budaya asing adalah menyeleksi budaya asing yang masuk ke Indonesia, dapat memerihara dan membudayakan budaya Nasional. 

DAFTAR PUSTAKA:


- http://niladoni.blogspot.com/2011/10/ilmu-sosial-dasar-pertumbuhan-penduduk.html
- http://www.scribd.com/doc/66015084/Ancaman-Dan-Dampak-Ledakan-Penduduk-Terhadap-Kemakmuran-Sosial-Dan-Peningkatan-Peradaban-Manusia-Jawa-Barat

0 komentar:

Post a Comment